Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Grobogan

Perkembangan industri genteng di daerah Grobogan belakangan ini semakin berkembang pesat. Beberapa daerah yang mulai memproduksi genteng antara lain Desa Karangasem, Tegalrejo, Kecamatan Wirosari, Dusun Gedong, Desa Tegalsumur, dan Kecamatan Brati (BAPPEDA, 2020).

INDUSTRI 1

Selain genteng Kabupaten grobogan juga memiliki potensi industri di bidang mebel. Kreativitas yang dimiliki masyarakat Grobogan menjadi modal awal bagi mereka untuk mengembangkan industri mebel, sedikitnya terdapat sekitar 117 orang pelaku usaha mebel dengan tingkat rata-rata produksi mebel / furniture mencapai 60.385 buah (BAPPEDA, 2020). Industri mebel  bisa ditemui di Kel. Sendangharjo Kec. Karangrayung, Kec. Ngaringan, Dusun Kedung gempol Kec. Tanggungharjo, Dusun Dongko Kec. Toroh, Kec. Godong (Setda Grobogan,2018).

Screen Shot 2022 05 20 at 10.59.00Potensi industri kabupaten grobogan selanjutnya yaitu kerajinan bambu. Beberapa wilayah di Kabupaten Grobogan kini menjadi pusat kerajinan bambu yang cukup dikenal masyarakat luas, antara lain Desa Teguhan Kecamatan Grobogan, Desa Terkesi dan Jenengan Kecamatan Klambu, Desa Dimoro Kecamatan Toroh, Desa Pakis Kecamatan Kradenan, dan Desa Sindorejo Kecamatan Pulokulon. Beberapa produk kerajinan yang dihasilkan masyarakat antara lain sangkar burung, kandang ayam, anyaman bambu, bronjong, dunak dan lain sebagainya (BAPPEDA, 2020).

KANDANG BURUNG1KANDANG BURUNG 3

 

Potensi industri kabupaten grobogan selanjutnya yaitu Industri Kuliner. Produk-produk unggulan Kabupaten Grobogan memanfaatkan beras dan kedelai yang merupakan bahan baku varietas unggulan pertanian antara lain bihun, tempe, tahu dan kecap (Kemenparekraf, 2020). Industri skala menengah yang menghasilkan ketiga produk di atas yaitu:

INDUSTRI 4

 


Deprecated: Directive 'allow_url_include' is deprecated in Unknown on line 0