Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Grobogan

GROBOGAN-Hari Peduli Sampah Nasional atau disingkat HPSN diperingati setiap tahunnya. Serangkaian kegiatanpun dilakukan untuk memeriahkan momen tersebut.Karyawan/ karyawati Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Grobogan bersama Bank Sampah Kabupaten Grobogan, Relawan Hijau dan Adik – Adik Saka Kalpataru memperingati HPSN bersama.DLH telah menyusun beberapa kegiatan yang dilaksaakan, mulai dari apel pagi, pemungutan sampah di Simpang Lima Purwodadi, bersepeda, dan yang terakhir yaitu kegiatan puncak, panen biopori di Alun – Alun Purwodadi.

 

hari peduli sampah 3

Lubang resapan biopori adalah lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah sebagai metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah.

Biopori juga memiliki beberapa manfaat salah satunya Biopori mampu meningkatkan daya penyerapan tanah terhadap air sehingga risiko terjadinya penggenangan air (waterlogging) semakin kecil. Air yang tersimpan ini dapat menjaga kelembaban tanah bahkan di musim kemarau.

Bersama dengan Bank Sampah Kabupaten Grobogan, Relawan Hijau dan Adik – Adik Saka Kalpataru, DLH memanen Biopori yang telah DLH tanam sejak 2 tahun lalu.HPSN 2

Jumlahnya kurang lebih ada puluhan biopori namun tidak semuanya dipanen. Biopori ini dipanen, berupa pupuk yang di tuang ke vegetasi sekitar yang ada di Alun – Alun Purwodadi agar semakin subur.

Setelah pemanenan biopori, lubang diisi kembali dengan dedauan yang kering dan sampah organik lain.


Deprecated: Directive 'allow_url_include' is deprecated in Unknown on line 0